Langsung ke konten utama

Teknik Mengingat Loci atau Mind Palace

                                                          


                                     Teknik Loci atau Mind Palace



Teknik loci atau Mind Palace adalah salah satu teknik mengingat yang paling tua dan paling populer di dunia.Teknik loci atau mind palace adalah teknik mengingat yang lebih mengandalkan kepada posisi (lokus,berarti lokasi dalam bahasa yunani).Teknik ini menganalogikan setiap data,fakta dan berbagai informasi penting lainnya terhadap benda atau apapun disekitar kita (benda-benda/suatu keadaan/suasana yang kita kenal dengan baik). Teknik ini pertama  kali tertulis diketahui saat zaman yunani kuno.Dikisahkan,telah terjadi peristiwa saat sebuah ruang perjamuan yang dipenuhi banyak tamu runtuh dan menyebabkan banyak yang meninggal dunia. Lalu,Simonides dari Ceos berhasil mengidentifikasi siapa saja yang meninggal dengan cara mengingat tempat duduk semua orang sebelum ruangan tersebut runtuh.

Bagi yang pernah membaca kisah Sherlock Holmes pun tak asing dengan metode yang dia sebut mind palace.Holmes berkali-kali menggunakan metodenya tersebut untuk memecahkan banyak kasus yang membutuhkan ingatan yang kuat,seperti kasus "The Hound of baskerville".

Banyak juara dunia mengaku menggunakan teknik ini untuk mengingat segala macam informasi.Pada dasarnya metode ini merupakan peningkatan memori yang menggunakan visualisasi untuk mengatur dan mengingat informasi.

Contoh dasarnya adalah ketika kita melewati suatu jalan,lalu kita meninggalkan jejak di jalan itu maka suatu hari saat kita melewati jalan itu lagi kita akan ingat kalau kita pernah melewatinya suatu waktu. Hal ini sama dengan caramu mengingat jalan dari rumah ke sekolah,ke ke kantor atau mengingat daerah sekitar rumah sendiri.

Sementara itu,menurut Patrick Jane,dalam serial The Mentalist,menerangkan bahwa mind palace sebagai berikut,"Untuk membangun satu istana pikiran-yang berisi sekumpulan besar informasi yang sewaktu-waktu bisa diingat kembali-kamu membutuhkan satu lokasi besar di dunia nyata yang benar-benar kamu kenal dengan baik.Kemudian lokasi-lokasi tersebut kamu pecah menjadi bagian-bagian kecil.Setelahnya,kamu harus menghubungkan setiap bagian dengan paket informasi yang ingin kamu simpan.Ketika kamu ingin mengingat informasi yang telah kamu simpan,kamu hanya perlu menutup mata dan di dalam pikiranmu bayangkan kalau kamu sedang berjalan menuju ke 'mind palace' tempat kamu menyimpan informasi yang kamu butuhkan.

Cara kerja metode mind palace sepintas mirip dengan mind map,yaitu sama-sama memetakan ingatan dalam bentuk visual atau menganalogikan ingatan dengan sesuatu yang dekat dengan kita.Bedanya,mind palace langsung divisualisasikan di dalam otak,sedangkan mind map harus terlebih dahulu digambarkan di kertas atau media lainnya.Lalu setelah pemaparan di atas,apa gunanya saya belajar teknik mind palace ?

Sherlock Holmes pernah berkata :

"Otak manusia pada awalnya sama seperti loteng kecil kosong, dan kau harus mengisinya dengan perabot yang sesuai dengan pilihanmu. Orang bodoh akan mengambil semua informasi yang ditemuinya, sehingga pengetahuan yang mungkin berguna baginya terjepit ditengah-tengah dan tercampur dengan hal-hal lain..



Orang bijak sebaliknya. Dengan hati-hati ia memilih apa yang dimasukkannya ke dalam loteng otaknya. Ia tidak akan memasukkan apapun kecuali peralatan yang akan membantunya dalam melakukan pekerjaannya, sebab peralatan ini saja sudah sangat banyak. 



Semuanya itu diatur rapi dalam loteng otaknya sehingga ketika diperlukan, ia dapat dengan mudah menemukannya. Keliru kalau kau pikir loteng otak kita memiliki dinding dinding yang bisa membesar. Untuk setiap pengetahuan yang kau masukkan, ada sesuatu yang sudah kau ketahui yang terpaksa kau lupakan. 



Oleh karena itu, penting sekali untuk tidak membiarkan fakta yang tidak berguna menyingkirkan fakta yang berguna.."

- A Study In Scarlet

Kapasitas otak manusia memanglah tak terbatas,namun kemampuan manusia dalam mengingat ternyata memiliki batas tertentu.Saat ini,mungkin kita bisa mengingat daftar belanja tadi sore,atau apa yang telah kita makan tadi pagi dan lain sebagainya.Sebulan lagi,masihkah kita sanggup mengingat semua itu ? Bagaimana kalau setahun lagi ?

Dengan kata lain,kamu butuh bantuan agar kamu bisa mengingat banyak hal dalam waktu yang lama.Cara yang tersedia adalah membuat catatan dalam bentuk mind map seperti diatas atau membangun mind palace mu sendiri seperti yang dilakukan Sherlock Holmes.Pertanyaannya,bagaimana cara membangun mind palace sendiri ?

Bangun Istana Pikiran Anda Sendiri



Istana merupakan tempat yang sangat besar dan luas, lalu bagaimana kita membangun istana kita sendiri?, pada dasarnya kita manusia mengapal tempat tempat yang sering kita kunjungi dan rute-rute yang sering kita lewati. Jadi untuk membangun sebuah memory palace atau sebuah istana pikiran anda harus membayangkan tempat yang anda hapal secara rinci , seperti rumah, sekolah, tempat kerja, mall, dll. Jadi syarat pertama adalah anda harus memilih Istana Pikiran anda sendiri. Pilih salah satu dan kemudian petakan setiap detailnya dalam pikiran anda. Visualisasikan dengan sangat jelas, kelilingi tempat tersebut dipikiran anda. Selamat!, anda berhasil membangun sebuah Istana Pikiran anda sendiri.

Mulailah Mengelilingi Rute Istana Pikiran

Setiap tempat pasti memiliki ruangan ruangan dan rute-rutenya sendiri, pastikan anda telah hapal secara detil letak-letak rutenya. Oke, contoh istana pikiran yang anda pilih adalah sekolah, pada saat pertama kali kita melihat sekolah adalah gerbang sekolah lalu masuk kedalam ada pekarangan bunga, halaman yang luas, macam-macam ruangan dan sebagainya. Dalam ruangan tersebut terdapat macam-macam benda, seperti meja kursi papan tulis dll. Setiap benda yang anda tahu atau anda perhatikan bisa menjadi tempat sebagai memori peg, atau penanda halaman. Contohnya adalah pekarangan bunga yang telah anda lihat tadi, maka disitulah anda meletakan sebuah informasi. Untuk langkah awal dan sebagai sarana latihan, cobalah menempatkan sebuah informasi pada satu objek. Jika sudah terbiasa nanti, anda bisa menempatkan beberapa informasi sekaligus pada satu objek.

Menggunakan Peg Memori atau Penanda Anda

Pada tahap ini Anda sudah bisa untuk menempatkan informasi pada sebuah penanda atau objek, diatas kita sudah menyinggung pekarangn bunga dan kursi. Lalu bagaimana cara menempatkan informasinya...??
Minggu depan anda disuruh belanja, dan anda diberikan catatan untuk belanja tersebut, terdapat 5 item dalam catatan belanja yang harus dibeli. Maka anda harus memiliki 5 objek yang nantinya akan kita tempatkan informasi ini. Dan ingat dalam menggabungkan dua objek ( Peg dan Informasi) tersebut, anda harus membuatnya seaneh mungkin dan bergerak. Mari kita terapkan dua hal saja sebagai contoh.
Contoh barang yang akan anda beli adalah roti dan susu.Bayangkan anda masuk ke lingkungan sekolah dan Anda akan melihat pekarangan bunga yang sedang disiram dengan susu putih. Kemudian anda masuk ke kelas, dan anda merasa nyaman duduk dikursi tersebut, karena kursi tersebut sangat empuk dan terbuat dari roti. Dan seterusnya....Ingat hal yang seaneh mungkin dan harus bergerak dalam bayangan kita. Dan tanamkan dalam pikran anda animasi tadi yang sudah anda perankan. Tentu saja anda dapat menyesuaikan diri dengan Istana Pikiran anda sendiri.
Hari belanja sudah tiba, bagaimana anda mengingat belanjaan anda? Anda tidak usah khawatir ketika anda sudah berada di depan toko, karena daftar belanja anda sudah tertanam di Istana Pikiran Anda. aAnda hanya harus mengulangi perjalanan mental anda. Dan rasakan betapa mudahnya mengingat beberapa hal tanpa Anda bersusah payah untuk mengingatnya.
Ini hanya tingkat dasarnya saja. Anda dapat mengembangakan sendiri Istana Pikiran Anda, ada berbagai teknik pula dalam mengembangkannya, tergantung bagaimana anda mampu mengelola Istana Anda.


 Prinsip Sukses Menciptakan Istana Pikiran


  • Buat prosesnya semenyenangkan mungkin.
  • Hindari menghafal !
  • Lakukan saja perjalanan mental
  • Bayangkan perjalanan tersebut dalam pikiranmu.
  • Aktifkan setiap indra agar ikut merasakan perjalanan mental tersebut.
  • Gunakan adegan aneh,lucu,unik dan sekreatif mungkin agar otak mudah menyimpan informasi tersebut.
  • Lakukan latihan berulang-ulang hingga kamu mahir,kalau perlu praktikan setiap hari.Semakin sering mempraktikannya,kamu akan semakin terbiasa.Ingat,Practice makes perfect !





Komentar

  1. Bolrhkah bertanya.

    BalasHapus
  2. AGEN SLOT ONLINE PROMO BONUS NEW MEMBER 50% & DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    DAPATKAN BONUS NEW MEMBER 50% KHUSUS GAME SLOT ONLINE !
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!
    AYO CLAIM SEBELUM KEHABISAN
    KHUSUS Periode 15 - 26 Februari 2021

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.2a5.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Tentang Flying Dutchman Yang Melegenda

          Kapal Hantu Yang Meneror Tujuh Samudra Sebelum namanya terkenal lewat trilogi layar lebar Pirates of the Carribean, The Flying Dutchman lebih dulu populer sebagai hantu bajak laut yang ditakuti warga lautan dalam kartun Spongebob Squarepants. Dan berbeda dengan anggapan kebanyakan orang, nama tersebut merupakan nama sebuah kapal bukan nama orang. Berdasarkan versi Pirates of The Carribean, Flying Dutchman memiliki gigi dan karang yang menempel pada kapalnya. Dan mempunyai awak yang menyeramkan dengan penuh karang dan Kracken sang Gurita Raksasa. Sebetulnya dari mana asalnya legenda Flying Dutchman? Mengapa kapal hantu ini (menurut legenda) terus mengarungi lautan tanpa kenal lelah? Dan apakah betul kapten dari Flying Dutchman menjadi biang keladi yang membuat seluruh penghuni kapal itu gentayangan? Sejarah Mitos dan Legenda Catatan sejarah ternyata memuat banyak versi cerita dari Flying Dutchman. Salah satu yang tertua adalah kisah mengenai para pelau

Strategi Fifa Online 3 Total Football

Tips & Trick Total football di FIFA Online 3 Total Football di FIFA Online 3 Total Football adalah label yang diberikan kepada teori taktis berpengaruh sepak bola di mana setiap pemain outfield dapat mengambil alih peran pemain lain dalam tim . Hal ini dipelopori oleh klub sepak bola Belanda Ajax 1969-1973 , dan selanjutnya digunakan oleh Tim Nasional Sepakbola Belanda di Piala Dunia FIFA 1974. Hal ini ditemukan oleh Rinus Michels , yang merupakan pelatih kedua Ajax dan tim nasional Belanda pada saat itu . Dalam Total Football, pemain yang bergerak keluar dari posisinya digantikan oleh yang lain dari timnya, sehingga mempertahankan dimaksudkan struktur organisasi tim. Dalam sistem fluida ini, tidak ada pemain outfield adalah tetap dalam peran nominal, siapa pun berturut-turut dapat memainkan penyerang, gelandang dan bek. Satu-satunya pemain tetap dalam posisi nominal adalah kiper. Total football adalah kombinasi dari tiki - taka (tid